PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III

Main Authors: F34211596, Rita, Tampubolon, Budiman, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5009
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5009/5117
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5009/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dinilai sangat memegang peranan penting karena matematika dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam berpikir secara logis, rasional, kritis, cermat, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, pengetahuan matematika harus dikuasai sedini mungkin oleh para siswa. Kebanyakan proses pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah pembelajaran konvensional yakni ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Dalam hal ini, proses pembelajaran di dominasi oleh guru. Berdasarkan latar belakang pelaksanaan tindakan tersebut, dirumuskan masalah umum, yaitu Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Matematika Realistik pada penjumlahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 11 Muara Pawan ? secara umum tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang sifatnya kolaboratif, dengan dasar penelitian diperoleh dari guru dan dari siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi langsung dan penilaian hasil. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dengan menggunakan pedoman checklist. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa rancangan pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran matematika realistik pada penjumlahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar negeri 11 Muara Pawan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 48,35 dengan ketuntasan 4 orang dari 20 siswa atau 20 %, dan pada siklus II 55,5 dengan ketuntasan 17 orang dari 20 siswa atau 80 %. Dengan demikian peningkatan rata-rata 6,58 dan ketuntasan sebesar 60 %. Abstract: Mathematics as one subject in school is considered very important role because it can enhance students' knowledge of mathematics in logical thinking , rational , critical , accurate , effective , and efficient . Therefore , knowledge of mathematics must be mastered by the students as early as possible . Most of the learning process that is used by teachers is that conventional learning lectures, discussion and administration tasks . In this case , the learning process is dominated by the teacher . Based on the background of the implementation of such measures , formulated the general problem , namely by applying a learning model Is Realistic Mathematics in addition to improve learning outcomes of students of class III Elementary School 11 Estuary Pawan ? the general purpose of research is to improve the ability of teachers to plan the implementation of learning , the ability of teachers to implement learning and learning outcomes of primary school third-grade students . The method of research using descriptive methods , forms of research is action research collaborative in nature , with basic research obtained from teachers and from students . The data was collected using direct observation techniques and outcomes assessment . Instrument used to collect the data was the observation sheet by using the checklist guidelines . This study resulted in the conclusion that the design of learning mathematics through the implementation of realistic mathematics learning model in addition to improve learning outcomes of students of class III 11 public elementary schools Pawan Estuary . Student learning outcomes in the first cycle of 48.35 with thoroughness 4 of 20 students or 20 % , and the second cycle of 55.5 with 17 people thoroughness of 20 students or 80 % . Thus the increase in the average 6.58 and completeness of 60% . Kata Kunci: penerapan model pembelajaran matematika realistik pada penjumlahan.