PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Main Authors: F34211588, Paridah, Tampubolon, Budiman, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4970
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4970/5079
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4970/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Manis Mata Ketapang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan. Sifat penelitian ini adalah kolaboratif, subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: bahwa dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 23 Manis Mata. Kata Kunci : pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, lingkungan sekitar, hasil belajar siswa. Abstract: The purpose of action research is to improve student learning outcomes in learning to use the environment as a learning resource in the classroom V Elementary School Sweet 23, Eyes Ketapang. The method used is descriptive method, the form of action research. This is the collaborative nature of the research, the study subjects were teachers and students who were 21 people. Based on the results of this study concluded: that the use of the environment as a source of learning can improve student learning outcomes in the classroom SDN Sweet Eyes 23. Keywords: teaching social science, environment, student learning outcomes.