PENINGKATAN HASIL BALAJAR SISWA MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V

Main Authors: Kariadi, Lauri, ., Syamsiati, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4953
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4953/5063
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4953/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Selama ini pembelajaran matematika yang di ajarkan kepada siswa terlalu monoton dimana guru selalu mengingat dalil-dalil dan rumus-rumus sehingga siswa tidak respon terhadap pembelajaran, Penggunaan metode pembelajaran kurang tepat menjadi salah satu penyebab ketidak berhasilan sebuah proses pembelajaran di sekolah. Hasil dari proses pembelajaran tidak sesuai dengan apa yang di harapkan, berdasarkan masalah yang di kemukakan di atas, maka peneliti ingin memperbaiki proses pembelajaran matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat bagaimana kemampuan guru menyusun perencanaan pembelajaran, bagaimana kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, dengan menggunakan metode Kooperatif Tipe Taem Assisted Individualization ini mampu meningkatkan hasil pembelaran di sekolah Dasar Negeri 14 Sandai meningkat dari penelitian tindakan kelas dari siklus 1 mengalami peningkatan di siklus 2. Sehubungan dengan metode yang di gunakan dalam fakta-fakta sekaligus untuk memecahkan masalah yang di hadapi dapat mencapai hasil yang baik, maka bentuk penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam 2 siklus. Ketuntasan siswa pada siklus 1 hanya 15 orang siswa dari 28 orang siswa, sedangka pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 23 orang siswa mendapatkan ketuntasan dari 28 orang siswa. Pembelajaran dengan menggunakan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar, memotivasi, mengurangi prilaku yang mengganggu komplik antara pribadi siswa, membantu siswa yang lemah, melatih siswa untuk bekerja secara kelompok, melatih keharmonisan, dan kerja sama saling menghargai. Kata Kunci: hasil belajar, metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Pembelajaran matematika, materi operasi hitung bilangan bulat. Abstract : During this learning in teaching mathematics to students too monotonous where teachers are always considering the arguments and formulas so that the student does not respond to the learning , use of learning methods are less appropriate to be one of the causes of lack of success of a learning process in schools . The results of the learning process does not match what is expected , based on the problems pointed out above , the researchers wanted to improve the process of learning math on integer arithmetic operations matter how well teachers prepare lesson plans , how to implement the learning ability of the teacher , using the Cooperative type of Assisted Individualization Taem is able to improve the results pembelaran in public elementary schools increased from 14 Sandai of classroom action research cycle experienced an increase in cycle 1 2 . In connection with the methods used in the facts as well as to solve the problems faced can achieve good results , then the form of research that is used in a classroom action research carried out in 2 cycles . Completeness students in cycle 1 only 15 students from 28 students , Sedangka an increase in cycle 2 is 23 students gain mastery of 28 students . Cooperative learning using Team Assisted Individualization type can improve learning outcomes , motivate , reduce disruptive behavior komplik between private students, helping students who are weak, train students to work in groups , train harmony , mutual respect and cooperation . Keywords : learning outcomes , methods Cooperative Team Assisted Individualization type , learning mathematics , materials integer arithmetic operations .