PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: B, Hersan, Halidjah, Siti, Tampubolon, Budiman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4949
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4949/5055
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4949/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini menggunaan media manipulatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pembulatan bilangan dengan media manipulative. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sifat kolaborasi antara peneliti dengan teman sejawat serta siswa kelas IV yang berlangsung selama dua siklus. Hasil penelitian: 1). kemampuan guru merencanakan pembelajaran dengan rata-rata skor pada siklus 1 sebesar 2,6, pada siklus 2 menjadi 3,5 dengan kategori baik 2). Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata skor pada siklus 1 sebesar 2,3 dan pada siklus 2 sebesar 3,7 dengan kategori baik. 3). Siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus 1 sebanyak 8 orang (50,00%), dan pada siklus 2 menjadi 13 orang (81,25%) Kata Kunci : media manipulatif, hasil belajar, matematika Abstract. The research use of manipulative media to improve learning outcomes in elementary school mathematics. The purpose of this study was to describe ntuk improving student learning outcomes in learning manipulative rounding numbers to the media. The method used is descriptive method, classroom action research (CAR) with the nature of the collaboration between researchers with colleagues and students in grade IV, which lasted for two cycles. Results of the study: 1). the ability of teachers to plan learning with an average score of 2.6 in cycle 1, cycle 2 to 3.5 in both categories 2). The ability of teachers in the implementation of learning with an average score of 2.3 in cycle 1 and cycle 2 by 3.7 by categories. 3). Students who achieve a passing grade on cycle 1 of 8 persons (50.00%), and in cycle 2 to 13 persons (81.25%) Keywords: manipulative media, learning, math