PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VI SDN 12 MATAN HILIR UTARA
Main Authors: | ., Effendi, Kresnadi, Hery, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4944 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4944/5045 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4944/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai. Faktor guru menjadikan pembelajaran dominan dikarenakan guru sebagai pusat inpormasi karena guru hanya mengunakan metode ceramah memaksa siswa menghapal rumus-rumus matematika khususnya tentang luas lingkaran tanpa berusaha membantu siswa menemukan kembali rumus tersebut belajar siswa menjadi rendah.Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan: (1). mendiskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran (2). Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran (3). Mendeskripsikan dampak penggunaan metode inkuiri dengan pendekatan persegi panjang terhadap hasil belajar. Metode penelitian deskriptip dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Matan Hilir Utara kabupaten ketapang yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan. hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai sebesar 57,9 dengan ketuntasan belajar siswa dengan KKM 60 sebanyak 4 siswa dari 12 siswa atau sebesar 33,33 %, pada sikus II diperoleh rata-rata nilai sebesar 71,08 dengan ketuntasan 11 siswa dari 12 siswa atau 91,66 %. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, inkuiri terbimbing, matematika Abstract : The results of the study are the results achieved by students as evidence of the success of the learning process in the field of knowledge , skills , attitudes and values ??. Factor because the teacher as the center inpormasi because teachers only use the lecture method to force students to memorize math formulas , especially about the area of ??a circle without trying to help students learn to rediscover the formula students to be low. To achieve that purpose : (1) . describe the implementation of learning plans (2) Describe the steps of learning (3) . Describe the impact of the use of inquiry method with rectangular approach on learning outcomes . Descriptive research methods in the form of action research that is collaborative , research subjects teachers and students of class VI Elementary School 12 North Matan Hilir district ketapan totaling 12 students consists of 7 men and 5 women . student learning outcomes in the first cycle an average value of 57.9 with mastery learning students with KKM 60 by 4 students from 12 students or by 33.33 % , on sikus II obtained an average value of 71.08 with 11 students completeness of 12 students or 91.66 % . Keywords : student learning , guided inquiry , mathematics