PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERINTEGRASI AL- QUR’AN PADA MATERI BILANGAN BULAT UNTUK KELAS VII SMP/MTS
Main Authors: | Verawati, Lisna, Hartoyo, Agung, Nursangaji, Asep |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tanjungpura
, 2021
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49439 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49439/75676590605 |
Daftar Isi:
- AbstractPengembangan bahan ajar matematika dilakukan pada materi bilangan bulat denganberintegrasi Al-Qur'an untuk siswa kelas VII SMP/MTs menggunakan bahan ajarberupa leaflet. Penelitian dilakukan dengan bahan ajar model ADDIE dengan tigatahapan saja yang dipergunakan yaitu analisis, perencanaan dan pengembangan.Uraian bahan ajar dikembangkan dengan kriteria kevalidan, kepraktisan dankeefektifan. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket untuk mengetahuivaliditas dan kepraktisan, sedangkan post-test dilakukan pada siswa agar dapatdiketahui efektifitas dari bahan ajar yg dikembangkan. Validitas bahan ajar diisi olehahli materi dan ahli media, dan kepraktisan bahan ajar diisi oleh guru dan siswa.Berdasarkan penilaian terhadap bahan ajar oleh ahli materi dan ahli media, rata-ratanilai kevalidan adalah 3,4 dan hasil ini termasuk dalam kategori sangat valid. Untukkepraktisan bahan ajar oleh guru dan siswa memiliki nilai rata-rata 3,3 dengankategori sangat baik dan hasil post-test siswa yang memenuhi KKM adalah 61,1% yangmenyatakan bahwa bahan ajar efektif untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkanbahwa bahan ajar leaflet operasi penjumlahan bilangan bulat berintegrasi Al-Qur'anuntuk peserta didik kelas VII SMP/MTs memiliki kualitas yang baik dengan kriteriavalid, praktis dan efektif untuk digunakan.Keywords: Bahan Ajar Leaflet, Berintegrasi Al-Qur'an, Operasi PenjumlahanBilangan Bulat