MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN
Main Authors: | F34211456, Sumiyati, ., Sugiyono, ., Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4923 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4923/5019 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4923/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menegtahui tentang perencanaan pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan belajar siswa melalui metode demonstrasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini didasarkan atas keadaan yang ditemukan di lapangan yang mana aktivitas belajar siswa masih kurang, hal ini dapat dilihat dari observasi yang dilakukan. Metode penelitian yang digunamakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas, dan sifat penelitiannya kolaborasi dengan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah : (1) data tentang aktivitas fisik, (2) data tentang aktivitas mental, dan (3) data tentang aktivitas emosional. Teknik pengumpulan data adalah lembar observasi. Data dikumpul tersebut dianalisis dengan perhitungan persentase dan perhitungan rata-rata kelas. Pada siklus ke 1 rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 56,25 %, dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus ke 2 sebesar 81,25 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas belajar belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Demonstrasi, IPA. Abstract : This study aims to class action menegtahui about lesson planning , implementation and improvement of student learning learning through demonstration method in teaching Natural Sciences . This study is based on the circumstances found in the field where student learning activities is still lacking , it can be seen from the observations made . Digunamakan research methods in this study is descriptive , with the shape of classroom action research , and the nature of research collaboration by following the procedure classroom action research , namely : planning , implementation , observation and reflection . The data collected in this study are : ( 1 ) data on physical activity , ( 2 ) data on mental activity , and ( 3 ) data on emotional activity . The data collection technique is the observation sheet . Collected data were analyzed by calculating the percentage and the average grade calculations . In cycle 1 the average student learning activities 56.25 % , and the average student learning activities in the cycle to 2 of 81.25 % . It can be concluded that by using the method of demonstration on learning of Natural Sciences, can enhance students' learning learning activities . Keywords : Learning Activities , Demonstrations , IPA .