PENGGUNAAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V

Main Authors: F34211704, Norsih, Sabri, Tahmid, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4920
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4920/5015
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4920/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah siswa sulit memahami materi pelajaran matematika. Kesulitan siswa memahami materi pelajaran tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran. model pembelajaran yang dirancang guru masih menggunakan metode konvensional yang kurang melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi langsung dan teknik dikumentasi. Alat pengumpul data yaitu lembar observasi, dokumen hasil belajar siswa dan foto kegiatan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk survey dan bersifat kolaboratif. Laporan penelitian ini disajikan dalam Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan sebanyak dua kali putaran atau dua siklus. Kesimpulan hasil penelitian ini: dengan menggunakan metode Penemuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD. Siklus I, 31,82% dan II, 77,27%. Terjadi peningkatan sebesar 45,45% . Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Penemuan, Pembelajaran Matematika Abstract : This study was a backdrop of a difficult problem students understand the subject matter of mathematics . Difficulties students understand the subject matter results in lower learning outcomes of students in learning . learning model is designed teachers still use less conventional methods to engage students actively in the learning process.Techniques and data collection tools is direct observation and techniques are documentation.Data collection tool that observation sheets , document student learning outcomes and student learning activities photo . This study used a descriptive method with survey forms and collaborative . This research report is presented in a classroom action research , using a qualitative approach to design as much as two times a round or two cycles . Conclusion The results of this research : the discovery method can improve student learning outcomes in mathematics learning in class V Elementary School 07 . Cycle I , II and 31.82 % , 77.27 % . An increase of 45.45 % . Keywords : Learning Outcomes, Methodsof Discovery, Learning Mathematic