PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V
Main Authors: | Mahdalena, Sri, Uliyanti, Endang, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4919 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4919/5011 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4919/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dari cara mengajar guru yang belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat berdampak pada hasil belajar siswa. Teknik tanya jawab adalah salah satu metode pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Tanya Jawab dalam pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan di kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan sifat penelitian Kolaboratif. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata nilai 59,50 (sedang) meningkat menjadi 75,50 (tinggi). diharapkan guru dapat menerapkan penggunaan metode Tanya Jawab dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata kunci: Belajar, Tanya Jawab, PKn Abstract: This research is motivated by the way that teachers teach not use appropriate learning methods have an impact on student learning outcomes. Debriefing techniques is one method of learning that is relevant to improve student learning outcomes in learning Citizenship Education. The purpose of this study is to obtain information and describe the improvement of student learning outcomes using learning methods in the FAQ Citizenship education in class V. The method used in this research is descriptive method with this type of research is Classroom Action Research (CAR) and the nature of collaborative research. Student learning outcomes in the first cycle with an average value of 59.50 (medium) increased to 75.50 (high). teachers are expected to implement the use of the method in the FAQ improving student learning outcomes in teaching Citizenship Education. Keywords: Learning, FAQs, Civics