PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F 34211707, Paijo, Sabri, Tahmid, Uliyanti, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4906 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4906/5003 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4906/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melakukan Operasi Hitung Bilangan Dalam Pembelajaran Matematika SD?. Adapun tujuan khususnya adalah : Untuk mendiskripsikan kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan media kartu bilangan pada siswa kelas Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan subjek penelitian ini yaitu siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 30 orang dengan siswa laki-laki berjumlah 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 19 orang. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa melakukan operasi hitung pada siklus I dengan rata-rata nilai 65,5 (tinggi) meningkat menjadi 78,16 (tinggi) pada siklus II, dan juga terlihat pada peningkatan kemampaun guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 2,71 baik dan meningkat disiklus II menjadi 3,02 baik. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran siklus I dengan skor rata-rata 2,83 (baik) meningkat menjadi 3,11 baik. Kata Kunci: Kartu Bilangan Hasil Belajar Abstract : A common problem in this study is " What is the Use Media Card Numbers To Improve Student Results Perform Operation Count Numbers In Mathematics Learning elementary school ? " . The specific objectives are : To describe the ability of teachers preparing lesson plan using a media card numbers in grade elementary school . The method used in this research is descriptive method . This research was conducted by 2 cycles including planning, implementation , observation and reflection , and the subject of this research that elementary school students who were 30 male students with a total of 11 men and women students numbering 19 people . It can be seen from the value of the learning outcomes of students perform arithmetic operations on the first cycle with an average value of 65.5 ( height ) increased to 78.16 ( high ) in the second cycle , and also looks at the increase kemampaun teachers prepare lesson plan on the first cycle is 2.71 " good " and increased to 3.02 disiklus II " good " . The ability of teachers to implement the learning cycle I with an average score of 2.83 ( good ) increased to 3.11 " good " . Keywords : Card Numbers Learning Outcomes