PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS III

Main Authors: Utami, Puji, Salimi, Asmayani, AH, Maridjo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4904
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4904/4999
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4904/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik kelas III SDN 51 Pemansak Sanggau?. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriftif, bentuknya adalah tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Subjek penulisan ini adalah peserta didik kelas III SDN 51 Pemansak, Sanggau yang berjumlah 20 orang pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Terdapat peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dari baseline 26,67% menjadi 76,33% pada siklus III, meningkat 49,66% kategori sedang. Aktivitas fisik terjadi peningkatan dari baseline 30% menjadi 86,67% pada siklus III, meningkat 56,67% kategori sedang. Aktivitas mental mengalami peningkatan dari 20% pada baseline menjadi 71% pada siklus III, meningkat 51% kategori sedang. Aktivitas emosional juga mengalami peningkatan dari 30% pada baseline menjadi 100% pada siklus III, meningkat 70% kategori tinggi. Kata kunci: Aktivitas Peserta Didik, Pembelajaran Matematika, dan Pendekatan Matematika Realistik. Abstract: Common problem in this study is How increasing the activity of learners in the learning of mathematics by using mathematical approach realistic in class III SDN 51 Pemansak, Sanggau?. The method used in this paper is a descriptive method, the shape is a class act and is collaborator. Subject of this paper is three class students of SDN 51 Pemansak, Sanggau totaling 20 people in the 1st half of the school year 2013/2014. There is an increase in the activity of learners in the learning of mathematics by using mathematical approach of realistic baseline 26,67% to 76,33% in the third cycle, increased 49,66% medium category. Physical activity increased from 30% at baseline became 86,67% in the third cycle, an increase of 56,67% medium category. Mental activity has increased from 20% at baseline to 71% in the third cycle, an increase of 51% medium category. Emotional activity also increased from 30% at baseline to 100% in the third cycle, an increase of 70% higher category. Keyword: activity learners, learning mathematics, approach to realistic mathematics