PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Main Authors: F34210152, Zulvia, AH, Maridjo, Sabri, Tahmid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4864
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4864/4951
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4864/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini, yaitu memperbaiki kinerja dalam pembelajaran terutama yang berhubungan dengan aktivitas pembelajaran siswa, yaitu meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V MIS Al-Hasyimi Benua Kayong Ketapang menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu survei (survey studies). Setting penelitian dilaksanakan di dalam kelas yaitu di kelas V MIS Al-Hasyimi Benua Kayong Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yaitu: (1) Peningkatan aktivitas fisik siswa dalam pembelajaran sebesar 58,34% dengan kategori cukup tinggi. (2) Peningkatan aktivitas mental siswa sebesar 57,78% dengan kategori cukup tinggi. (3) Peningkatan aktivitas emosional siswa sebesar 46,69% dengan kategori cukup tinggi. (4) Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran sebesar 54,27% dengan kategori cukup tinggi. Kata Kunci : media gambar, pembelajaran ilmu pengetahuan alam, aktivitas belajar Abstract : The purpose of this study , namely: improving performance in learning, especially related to student learning activities, which increase the activity of students in the Natural Sciences learning in class V MIS Al - Hasyimi Benua Kayong Ketapang using media images. The method used in this study, namely: descriptive methods. Form of research used is a survey studies. Setting the research conducted in a class V MIS Al - Hasyimi Benua Kayong. The results showed an increase in (1) Increased physical activity of students in the learning of 58,34 % with a high enough category. (2) Increased mental activity of students by 57,78 % to a high enough category. (3) Increased emotional activity of 46.69 % of students with a high enough category. (4) Increased activity of students in the learning of 54,27 % with a high enough category. Keywords : images media, science of learning, learning of activities