PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH

Main Authors: Nurseha, Tein, Sabri, Tahmid, AH, Maridjo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4859
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4859/4941
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4859/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Sains dengan menggunakan metode demonstrasi di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah bentuk survei (survey studies). Sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sifat penelitian kolaboratif. Aktivitas fisik penelitian awal (baseline) rata-rata 13,30%, siklus 1 rata-rata sebesar 36,00% meningkat lagi pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 68,70% kemudian terjadi peningkatan pada siklus 3 dengan rata-rata 72,00%. Aktivitas mental penelitian awal (baseline) rata-rata 10,00%, siklus 1 rata-rata sebesar 25,30% meningkat lagi pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 75,30% kemudian terjadi peningkatan pada siklus 3 dengan rata-rata 80,60%. Aktivitas emosional penelitian awal (baseline) rata-rata 18,40%, siklus 1 rata-rata sebesar 48,80% meningkat lagi pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 78,40% kemudian terjadi peningkatan pada siklus 3 dengan rata-rata 84,80%. Kata Kunci: Aktivitas belajar, pembelajaran IPA dan metode demonstrasi. Abstract: Increased activity of students in learning science by using the method of demonstration at Muhammadiyah Elementary School Fifth Grade Ketapang. The method used in this research is descriptive method. Form of research that fits this research is a form of survey (survey studies). While this type of research is Classroom Action Research by nature collaborative research. Physical activity early study (baseline) average 13.30%, cycle 1 average of 36.00% increased again in cycle 2 with an average of 68.70% and an increase in cycle 3 with an average of 72 , 00%. Mental activity early studies (baseline) average 10.00%, cycle 1 average of 25.30% increased again in cycle 2 with an average of 75.30% and an increase in cycle 3 with an average of 80 , 60%. Emotional activity early study (baseline) average 18.40%, cycle 1 average of 48.80% increased again in cycle 2 with an average of 78.40% and an increase in cycle 3 with an average of 84 , 80%. Keywords: Learning activities, learning science and methods of demonstration.