PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK MIS AL-MUJAHIDIN
Main Authors: | Zurainah, Syarifah, Sabri, Tahmid, AH, Maridjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4858 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4858/4939 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4858/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode kerja kelompok Kelas IV MIS Al-Mujahidin Ketapang. Hasil Penelitian sebagai berikut : Pada penelitian awal keaktifan belajar siswa sebesar 40%. Setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok keaktifan siswa meningkat pada siklus I, keaktifan belajar siswa sebesar 55%, pada siklus II, keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 10% menjadi 65%, dan keaktifan belajar siswa pada siklus ke III meningkat sebesar 20% menjadi 85%. Sedangkan tantang kemampuan guru merancang pembelajaran (RPP) ada peningkatan sudah sangat baik karena rancangan tersebut sesuai dengan meteri yang dipelajari dan sesuai untuk memotivasi anak dalam belajar. dan terus meningkat. Untuk pelaksanaan pembelajaran, dari siklus I sampai siklus III, skor keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran terus meningkat. Pada siklus I skor keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,4, pada siklus II meningkat menjadi 3,7 dan pada siklus III meningkat menjadi 3,8. Kata kunci : Metode kerja kelompok, Peningkatan Keaktifan, Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran. Abstract: The purpose of general research to describe about increase student activity in learning sains throught work in pair method in grade IV MIS Al-Mujahidin Ketapang. The result of the first research learning activity student is 40%, that learning with work in pair student activity increase siclus I is 55%, in the siclus II increase 10% to 65% and siclus III increase is 20% to 85%. About teacher ability lesson plan (RPP) there are increase very good bercause the lesson plan switable with material there are study and siclus I until siclus III. The score learning steps increase in the siclus I score is 3,4. In the siclus II increase 3,7 and than increase 3,8 in the siclus III. Keywords : Work in pair method, increase activity, leraning plan