PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT PADA PESERTA DIDIK KELAS V

Main Authors: Siagian, Bahtiar, ., Marzuki, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4846
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4846/4923
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan aktivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif. Setting penelitian di dalam kelas, subjek penelitian sebanyak 23 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpul data yaitu teknik observasi langsung. Alat pengumpul data yaitu lembar observasi penilaian guru dan peserta didik. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan; 1) Aktivitas fisik peserta didik pada siklus I sebesar 52,17% meningkat sebesar 27,17% menjadi 79,34% pada siklus II.(2) Aktivitas mental peserta didik pada siklus I sebesar 60,67% meningkat sebesar 25,15% menjadi 85,85% pada siklus II. 3) aktivitas emosional peserta didik pada siklus I sebesar 60,48% meningkat sebesar 21,50% menjadi 81,68% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Kooperatif, aktivitas pembelajaran Abstrac: This study aims to describe the increasing learning activity by using learning model cooperative type Teams Games Tournament. The method of this research is a descriptive method. Kind of research is colaborative classroom action research. Setting of classroom action research is the subjects are 23 persons comprising 10 men and 13 women. Data collection technique is direct observation technique. Data-collecting instruments is observation sheet assessment of teachers and learners. Research procedure consists of two stages of the cycle of planning, implementation, observation and reflection. Results of the study are: Using mathematical learning models can increase learners 1) physical activities on cycle I of 52,17%, increased by 27,17% to 79,34% on cycle II. (2) increase learners mental activities on cycle I of 60,67% increased by 25.15% to 85, 85% on cycle II. (3) increase learners emotional activities on a cycle I of 60,48% increased by 21.50% to 81,68% in cycle II. Therefore, we can conclude that by using cooperative learning model Teams Games Tournament type can increase learner learning activities. Keyword : Cooperative model, learning activity