KORELASI TES FORMATIF DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SDN 06 MEMPAWAH HILIR
Main Authors: | Yuningsih, Syarifah, ., Nurhadi, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4732 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4732/4789 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4732/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian mendeskripsikan ada tidaknya korelasi antara tes formatif dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitiannya studi korelasi. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan jumlah rxy > ttabel (0,7820 > 0,374). Secara khusus (1) pemberian tes formatif pembelajaran Matematika tergolong cukup ditunjukkan dengan jumlah tes formatif yaitu 1.817,5 dengan rata-rata 60,58. (2) Hasil belajar pada pembelajaran Matematika sebesar 1940 dengan rata-rata 64,66 tergolong cukup. (3) perhitungan statistik diketahui bahwa anatara variable X (tes formatif) dengan variabel Y (hasil belajar) bertanda positif dengan rxy sebesar 0,7820. Kemudian rxy dibandingkan dengan r tabel product moment pada taraf signifikan 5% dengan db = 28, didapat bahwa rxy > rtabel yaitu 0,7820 > 0,374 berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian tingkat hubungan antara tes formatif dengan hasil belajar pembelajaran Matematika dikategorikan dalam tingkat hubungan yang kuat. Kata kunci : Tes Formatif, Hasil Belajar, Matematika Abstract: The purposes of this research are describes the corelation between the formative tests and the students learning result in mathmatics. The method of this research is descriptive with the corelation form. The sample was 30 students. The result showed the number of rxy > rtable (0.7820> 0.374). in perticular (1) the provision of formative test in mathmatics learning was indicated quite. The formative test is 1817.5 with an average of 60.58. (2) Result of study on learning mathmatics by 1940 with an average of 64.66 is quite. (3) statistical calculation known that between variable X (formative test) with a variable Y (learning product) with rxy is positive for 0.7820. Then rxy compared with the product moment rtable at the significant level of 5% with db = 28, obtained that rxy > rtabel is 0.7820> 0.374 means that the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The degree of relationship between the formative test and study result mathematic category strong. Keywords: test formative, study result, mathmatics