PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS VI DI MIS AL-IHSAN

Main Authors: F34210603, Kadariah, Margiati, K. Y, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4717
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4717/4775
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4717/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode demonstrasi kelas VI MIS Al-Ihsan, Pontianak Utara. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih sangat rendah. Penyebab metode yang digunakan masih monoton dan menyebabkan rendahnya hasil belajar pelajaran matematika di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan, Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif, dengan sifat kualitatif dan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan seorang guru. Subyek dalam penelitian mi sebanyak 18 orang siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta A1-Ihsan, Pontianak Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung. Alat bantu yang digunakan adalah lembar observasi siswa. Data yang diperoleh terjadi peningkatan aktivitas secara keseluruhan yaitu 52,13% dengan kategoni "sedang". Peningkatan aktivitas fisik dan base line 26,39% ke sikius II meningkat menjadi 75,00%, terjadi peningkatan sebesar 48,61% dengan kategori "sedang". Peningkatan aktivitas mental dan base line 23,33% ke sikius II meningkat menjadi 70,00%, terjadi peningkatan sebesar 46,67% dengan kategori "sedang". Peningkatan aktivitas emosional dan base line 25,93% ke sikius II meningkat menjadi 87,04%, terjadi peningkatan sebesar 49,72% dengan kategori "sedang". Dari data yang diperoleh terjadi peningkatan yang cukup baik. Kata kunci : aktivitas belajar, metode demonstrasi, pembelajaran matematika Abstract: The problem in this study is an increase in activity and learning outcomes mathematics courses by using the method of demonstration classes VI MIS Al-Ihsan, North Pontianak. Based on the results of preliminary observations, it is known that the activity and student learning outcomes is still very low. The cause of the methods used are still monotonous and leads to low learning outcomes of sixth grade math at a Private Elementary School Al-Ihsan, North Pontianak. The method used is descriptive, the qualitative nature and form of action research undertaken collaboratively with a teacher. The subjects in this research were 18 students of class VI Elementary School Private Al-Ihsan, North Pontianak. Data collection techniques used are direct observation. The tools used are student observation sheet. Data obtained an increase in overall activity that is 52.13% with kategoni " moderate ". Increased physical activity and baseline sikius 26.39% to 75.00% increase to the second, an increase of 48.61% with the "moderate" category. Increased mental activity and baseline 23.33% to sikius II increased to 70.00% , an increase of 46.67% with the "moderate" category. Increased activity and emotional base line sikius II 25.93% to 87.04% increase to, an increase of 49.72% with the "moderate" category. From the data obtained increased fairly good. Keywords : learning activities, demonstration method, the learning of mathematics