PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)
Main Authors: | F34211065, Yuli, Utami, Sri, ., Kartono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4712 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4712/4766 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4712/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam Dengan Model Kooperatif Teknik Number Head Together (NHT) di Kelas IV SD Swasta Nasional Fajar Harapan Pontianak Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model kooperatif teknik Number Head Together di kelas IV SD Swasta Nasional Fajar Harapan Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah aktivitas fisik dari 74,60% pada siklus I menjadi 93,64% pada siklus II, aktivitas mental mengalami peningkatan dari 68,24% pada siklus I menjadi 98,41 % pada siklus II, sedangkan aktivitas emosional mengalami peningkatan dari 42,85% dari siklus I menjadi 95,23% pada siklus II dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model kooperatif teknik NHT dapat berhasil dengan baik. Aktivitas pembelajaran peserta didik mengalami peningkatan baik aktivitas fisik, aktivitas mental maupun aktivitas emosional. Kata Kunci : Model Kooperatif NHT, Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA Abstract: Increase activity in learning of science with cooperative learning Number Head Together (NHT) of method in class IV Fajar Harapan North Pontianak of Elementary School. The purpose of this study is to desceibe increase activity learning of science with cooperative learning Number Head Together (NHT) of method in class IV Fajar Harapan North Pontianak of Elementary School. The research method used descriptive method. Conclusion from this examine result physical activity is 74,60% at the first cycle and become 93,64% at the second cycle, bounce activity is become increase from 68,24% at the first cycle and become 98,40% at the second cycle and emotion activity become increase from 42,85% at the first cycle and become 95,23% at the second cycle. Means that the cooperative learning Number Head Together (NHT) of method on the science can increase activity of student of class IV Fajar Harapan North Pontianak of Elementary School. Keyword : Cooperative learning Number Head Together (NHT), Activity Learning, Learning of Science