PENINGKATAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW PADA KELAS VI SDN 04
Main Authors: | F34210155, Ruhaimi, AH, Maridjo, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4662 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4662/4745 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4662/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan minat siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model kooperatif jigsaw pada Kelas VI SDN 04 Benua Kayong Ketapang? Metode Penelitian menggunakan metode deskriptif. Adapun prosedur penelitian dibagi menjadi tiga siklus. Siklus I siklus II, dan siklus III, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model kooperatif jigsaw pada Kelas VI SDN 04 Benua Kayong Ketapang sebagai berikut; 1) Minat siswa dalam hal perhatian dari base line sebesar 34,44% ke siklus III menjadi 83,32%, mengalami peningkatan sebesar 48,88% dengan kategori cukup tinggi. 2) Minat siswa dalam hal kemauan dari base line sebesar 33,33% ke siklus III menjadi 84,44%, mengalami peningkatan sebesar 51,11% dengan kategori cukup tinggi. 3) Minat siswa dalam hal ketertarikan dari base line sebesar 36,66% ke siklus III menjadi 86,66% mengalami peningkatan sebesar 50% dengan kategori cukup tinggi. Kata Kunci: Peningkatan minat, Model koopertif jigsaw. Abstract : The research problem is how an increase in student interest in learning Natural Sciences using jigsaw cooperative model in Class VI SDN 04 Kayong Ketapang continent? Methods The study used a descriptive method. The procedures were divided into three cycles . Cycle I, Cycle II, and III cycles, each consisting of planning, implementation, observation, reflection. Engineering studies using direct observation techniques using tools such as observation format for students and teachers according to the observations . The results showed that there was an increase in students' interest in learning Natural Sciences using the jigsaw cooperative model SDN 04 Class VI Continent Kayong Ketapang as follows: 1) student interest in terms of attention to the Natural Sciences learning using jigsaw cooperative model of the base line for 34.44 % to 83.32 % the third cycle becomes , an increase of 48.88 % with a high enough category . 2) Interests of students in terms of the willingness of the Natural Sciences learning using jigsaw cooperative model of the base line was 33.33 % for the third cycle becomes 84.44 % , an increase of 51.11 % with a high enough category. 3) Interests of students in terms of their interest in the Natural Sciences learning using jigsaw cooperative model of base line by 36.66 % to 86.66 % the third cycle be increased by 50 % with a high enough category . Keywords: Increasing interest, Model koopertif jigsaw.