IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KECAMATAN BENGKAYANG

Main Authors: Iwan, Benediktus, Simanjuntak, Victor, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4655
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4655/4736
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4655/pdf
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of theEducation Unit Level Curriculum Penjasorkes learning in high schools asBengkayang District. With this research raises several issues in this thesis are: 1 ).Understanding how teachers Penjasorkes in Public High Schools as the districtBengkayang unit level education curriculum ( KTSP ) ? 2 ). Implementation ofKTSP on learning how Penjasorkes in Public High Schools as DistrictBengkayang ? 3 ). Factors that inhibit learning Penjasorkes in Public HighSchools as District Bengkayang ? The method used is a form of qualitativedescriptive research method is a survey interview. Sources of data in this study isa high school teacher in State Penjasorkes a Bengkayang District , Senior HighSchool Principal as District Bengkayang. The instrument used in this study wereinterviews. Results of research on the implementation of KTSP in learningPenjasorkes in Public High Schools District Bengkayang a whole is good enough.Keywords : Implementation of the Education Unit Level Curriculum, LearningProcess Penjasorkes.Abstrak: Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiImplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada pembelajaranPenjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Bengkayang. Dengan ini penelitimengangkat beberapa masalah dalam skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana pemahamanguru penjasorkes di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Bengkayangmengenai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)? 2). BagaimanaImplementasi KTSP pada pembelajaran penjasorkes di Sekolah Menengah AtasNegeri se-Kecamatan Bengkayang? 3). Faktor yang menghambat pembelajaranpenjasorkes di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Bengkayang?Metode yang digunakan yaitu metode deskriftif kualitatif bentuk penelitiannyaadalah survei wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah gurupenjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Bengkayang, Kepala sekolah SMANegeri se-Kecamatan Bengkayang. Instrumen yang digunakan dalam penelitianini adalah wawancara. Hasil dari penelitian tentang Implementasi KTSP padapembelajaran penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Bengkayang secarakeseluruhan sudah cukup baik.Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, ProsesPembelajaran Penjasorkes.