THE USE OF RECIPROCAL QUESTIONING (REQUEST) STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION

Main Authors: ., Yuniarti, Rufinus, Albert, Wijaya, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4648
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4648/4726
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan strategi pertanyaan timbal balik (ReQuest) di dalam pengajaran pemahaman membaca. Metode yang digunakan adalah pre eksperimental dengan satu grup pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G dari SMP Negeri 13 Pontianak. Ada 34 siswa yang ikut serta dalam penelitian ini. Data dari penelitian ini diperoleh dari pre test sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah dilakukan perlakuan dalam bentuk tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat efektifitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi ReQuest efektif terhadap siswa dan dapat dilihat dari perhitungan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari post-test adalah 73.82, yang lebih baik daripada pre-test yang hanya memperoleh 53.82. Perhitungan dari tingkat efektifitas nya yaitu 1.38 dan efektifitas nya dikategorikan tinggi. Kata Kunci: Strategi Pertanyaan Timbal Balik, Pengajaran Pemahaman Membaca Abstract: This research is aimed at knowing the effect size of Reciprocal Questioning (ReQuest) Strategy in teaching reading comprehension. It was a pre-experimental study with one group pre-test and post-test design. The sample was the VIII G of SMP Negeri 13 Pontianak. There were 34 students who participated in this research. The data of this study were derived from the pre-test before the treatment and the post-test after the treatment in form of multiple choice test. The data were analyzed through effect size formula. The finding of this research showed the use of ReQuest strategy was effective to the students which can be seen in the computation of data analysis that showed the mean score of post-test was 73.82, which was better than pre-test that was only obtained 53.82. And also, the computation of the effect size (ES) was 1.38 which was categorized highly effective. Key Words: Reciprocal Questioning Strategy, Teaching Reading Comprehension