PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD

Main Authors: F34210605, Maemunah, Margiati, K. Y, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4640
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4640/4715
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4640/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV SD Kartika V - 8 Pontianak kota. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan bentuk penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah 35 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas fisik peserta didik pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen sebesar 20,95%, aktivitas mental sebesar 18,10% dan aktivitas emosional sebesar 19,68%. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV Sekolah Dasar Kartika V - 8 Pontianak Kota. Kata kunci : Aktivitas belajar, metode Eksperimen Abstract: This research aims to enhancement of learning activities of learners in learning science in grade IV SD Kartika V 8 Pontianak Kota. The research method that used in this research is a descriptive method. Whereas the form of research in this research is a action research. The study sample is 35 students. The research of data analysis showed that the enhancement of physical activity of learners in learning science with experimental method by 20,95%, mental activity by 18,10% and emotional activity by 19,68%. This suggests that experimental method can enhancement of learning activities of learners in learning science in grade IV SD Kartika V 8 Pontianak Kota. Keywords: Learning activity, experimental methods