PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN METODE LATIHAN SISWA KELAS V SDN 01 KETAPANG

Main Authors: Chatarina, Yulianti, AH, Maridjo, Sabri, Tahmid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4541
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4541/4623
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4541/pdf
Daftar Isi:
  • Kata kunci:peningkatan, karangan narasi, metode latihan. Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas, dan bersifat kolaborasi. Tempat penelitian berlangsung adalah di SDNSDN 01 Simpang Dua Ketapang, khususnya di kelas V yang berjumlah 25 orang adapun subjek dari penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, komunikasi langsung teknik pengukuran dan dokumenter dengan alat pengumpul data yaitu lembar IPKG 2, lembar wawancara, unjuk kerja, data nama siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan hasil yang diperoleh adalah kemampuan guru mengajar mulai siklus I sampai II secara berurutan. Indikator kinerja seperti kesesuaian judul dengan isi karangan/gagasan dari penggunaan ejaan dan tanda bacahingga, pilihan kata (diksi).Dari data yang diperoleh disimpulkan terjadi peningkatan pada setiap siklus.Dengan demikian, penelitian menggunakan metode latihan pada pembelajaran menulis karangan narasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan metode latihan pada siswa kelas V SDN 01 Simpang Dua ketapang mengalami peningkatan dari Base Line sebesar 73,3 % ke siklus II sebesar 78,8 % meningkat sebesar 81,3 %. Keywords: improvement, narrative essay, a method of exercise. Abstract: This study used a qualitativeapproach , descriptive methods, forms of action research, and collaborative nature. Where the research is taking place in SDN SDN 01 Simpang Dua Ketapang, particularly in class V which amounts to 25 people while the subject of this study is subject teachers Indonesian. Data collection techniques used are direct observation techniques, measurement techniques and direct communication with a data collector documentary which IPKG sheet 2, the questionnaires, performance data name graders V. This research was conducted for 2 cycles with the results obtained is the ability of teachers to teach the first cycle to the second start in a row .Performance indicators such as the suitability of the content of the essay title/idea of the use of spelling and punctuation to the choice of words (diction).Inferred from the data obtained by an increase in each cycle. Thus, research on learning exercises using narrative essay writing can enhance students' skills in writing narrative essays. Increased narrative essay writing skills using exercises in class V students of SDN 01 Simpang Dua ketapan Base Line increased from 73.3% to 78.8% for the second cycle increased by 81.3%.