PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA KELAS IV SDN17

Main Authors: F 34210445, Longuring, Marli, Suhardi, Margiati, K.Y
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4512
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4512/4606
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4512/pdf
Daftar Isi:
  • Peningkatan Kegiatan Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Eksperimental Di Kelas IV Siswa di SD 17 Nanga Bungan Kapuas Hulu . Bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran sains dengan menggunakan metode eksperimental . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk membentuk penelitian tindakan dan sifat kolaboratif penelitian ini adalah untuk mengikuti prosedur penelitian tindakan , termasuk perencanaan, pelaksanaan , observasi , dan refleksi . Pengumpulan data dengan menggunakan alat observasi dan tes . Hasil penelitian dengan menggunakan metode eksperimental , dapat meningkatkan aktivitas belajar fisik dari awal oleh 54,16 % menjadi 60,41 % pada siklus I dan 83,33 % pada siklus II . Dengan menggunakan metode eksperimental , dapat meningkatkan studi aktivitas mental dasar baris dengan 38,88 % menjadi 45,83 % pada siklus I dan 66,66 % pada siklus II . Dengan menggunakan metode eksperimental , dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran emosional garis dasar dengan 35,41 % menjadi 47,91 % pada siklus I dan 85,41 % pada cycle.With kedua penggunaan metode eksperimen , dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari baseline dari 60,33 menjadi 72.50 dan 78,67 pada siklus I pada siklus kedua . Kata kunci : peningkatan , kegiatan belajar peserta didik , percobaan Increased Activity of Natural Sciences Learning by Using Experimental Methods In Fourth Grade Students in Elementary School 17 Nanga Bungan Kapuas Hulu . Aiming to increase the motivation of learners in the process of learning science by using experimental methods . This study used a descriptive method to form action research and collaborative nature of the research is to follow the action research procedures , including planning, implementation, observation, and reflection . The data collection tool using observation and tests . The results of the study with the use of experimental methods, can improve the physical learning activity from baseline by 54.16 % to 60.41 % in the first cycle and 83.33 % in the second cycle .With the use of experimental methods , can enhance mental activity study of base line by 38.88 % to 45.83 % in the first cycle and 66.66 % in the second cycle. With the use of experimental methods, can increase the activity of the emotional learning of base line by 35.41 % to 47.91 % in the first cycle and 85.41 % in the second cycle.With the use of experimental methods, can improve student learning outcomes from baseline of 60.33 into 72.50 and 78.67 in the first cycle in the second cycle. Keywords: enhancement,learners' learning activities, experiment