ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA

Main Authors: Febriansyah, Reza, Yusmin, Edy, Nursangaji, Asep
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4453
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4453/4528
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas X di SMA Negeri 2 Singkawang dalam memahami materi persamaan linear dua variabel dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesulitan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas X D yang dipilih secara acak. Alat pengumpul data yang digunakan ialah tes tertulis yang berbentuk essay dan pedoman wawancara. Dari analisis data diketahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa. Kesulitan tersebut meliputi kesulitan menyatakan pengertian persamaan linear dua variabel, kesulitan mengidentifikasi variabel, kesulitan mengidentifikasi koefisien, kesulitan mengklasifikasikan contoh dan bukan contoh, kesulitan menentukan penyelesaian, kesulitan menentukan himpunan penyelesaian, dan kesulitan menggambarkan grafik. Faktor penyebab diantaranya tidak menguasai konsep PLDV, tidak mengetahui langkah-langkah dalam menentukan penyelesaian dan menggambarkan grafik serta tidak menguasai konsep himpunan penyelesaian PLDV. Kata kunci: Analisis Kesulitan, Faktor Penyebab Abstract: This research aims to determine of students difficulties in grade X SMA Negeri 2 Singkawang in understanding linear equations in two variables and what are factors that cause difficulties. The reseach method that use is a descriptive method the form of case studies. The study subjects were six random students of class X D. Data collectors that use were form of written test and interview guide. The results of data analysis known difficulties and factors that cause students difficulties. That difficulties include difficulty stating the meaning of linear equations in two variables, difficulty identifying the variable, difficulty identifying the coefficient, difficulty classifying examples and not examples, difficulty determining the solution, difficulty determining the set of solutions, and difficulty drawing graphs. The causes of which have not mastered the linear equations in two variables concept, do not know the steps in determining solutions and drawing graphs, and not mastered the set of solutions concept of linear equations in two variables. Keywords: Difficulty Analysis, Cause Factors,