PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWAKELAS V

Main Authors: F34211048, Mulyono, ., Sugiyono, Salimi, Asmayani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4425
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4425/4498
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4425/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bettujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik siswa kelas V Sekolah Dasar. Menurut Subini (2012:185). Metode dalam penelitian adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif, yang menjadi subjek adalah guru dan siswa kelas V. Rata-rata pada siklus 1 yaitu 2,76 dengan pencapaian 69%. Kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 2,88 dan meningkat kembali pada siklus ke 3 menjadi 3,64 dengan pencapaian 91%. Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa sebesar 45,00 kemudian meningkat menjadi 61,07 pada siklus ke 2 dan meningkat menjadi 78,92 pada siklus ke 3. Kata Kunci: Belajar, Pembelajaran Matematika Realistik. Abstrack: Abstract: This study bettujuan to improve math learning outcomes using mathematical approach realistic Elementary School fifth grade students. According Subini (2012:185). The method in this research is descriptive method, the form of research is classroom action research (CAR). This study was commissioned jointly, which became the subject of teachers and students of class V. On average in cycle 1 was 2.76 with a 69% achievement. Then increased to 2.88 in cycle 2 and cycle to increase again at 3 to 3.64 with the achievement of 91%. Use of Realistic Mathematics approach can improve student learning outcomes are at an average of 1 cycle of student learning outcomes at 45.00 then increased to 61.07 in Cycle 2 and increased to 78.92 in cycle 3. Keywords: Learning, Realistic Mathematics Education.