PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34211156, Ameng, Uliyanti, Endang, Tampubolon, Budiman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4382 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4382/4447 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4382/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Metode Eksperimen Klas IV SDN 18 Temiang Mali Kecamatan Balai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru untuk menyusun dan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta perolehan nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan metode eksperimen kelas IV SD 18 Temiang Mali Kecamatan Balai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada siklus I keberhasilan yang dicapai rata-rata 46,66 dan pada siklus II mencapai hasil rata-rata 67,14. Hal ini berarti pembelajaran pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV SDN 18 Temiang Mali Kecamatan Balai. Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Eksperimen. Abstract : improving student learning outcomes learning style influence the motion of objects with class fourth-grade experimental method SDN 18 Temiang Mali district Balai. This study aimed to describe the ability of the teachers to prepare and implement the lesson plan as well as the acquestion of student learning outcomes in learning style influence the motion of object with clas fourth-grade experimental method SDN 18 Temiang Mali district Balai. Research method use is descriptive method to form action research class. Data based on the value of student learning outcomes at I cycle of cycle II achive average 67,14. This means learning styles influence the motion of objects with the experimental method. Can improve the learning ability of fourth-grade student of SDN 18 Temiang Mali district Balai. Key word : Improved learning outcome, Ilmu Pengetahuan Alam an experimental method.