PEMANFAATAN MEDIA HITUNG UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 17 TRANSMIGRASI I

Main Authors: Rahayuni, Sri Sulastri, AH, Maridjo, Priyadi, A Totok
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4368
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4368/4429
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4368/pdf
Daftar Isi:
  • Peneliti ini dilatar belakangi oleh upaya peningkatan motivasi pembelajaran matematika dengan menggunakan media hitungan dan pipet. Kelas II Sekolah Dasar Negeri No.17 Transmigrasi I Kembayan Sanggau. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa motivasi pembelajaran matematika masih rendah. Penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang konvensional menyebabkan rendahnya motivasi pembelajaran matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri No.17 Transmigrasi I Kembayan Sanggau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, sifat penelitihan ini adalah penelitihan tindakan kelas (PTK) yang didalam pelaksanaan berkolaburasi dengan teman sejawat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 9 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan pengukuran. sedangkan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus, hasil perhitungan menunjukkan bahwa 35,56% pada baseline menjadi 68,89% pada siklus I dengan selisih sebesar 13,33%, kemudian dari siklus I dengan jumlah persentase 68,89% menjadi 91,11% ke siklus II dengan selisih sebesar 22,22%. Selanjutnya dari siklus II dengan jumlah persentase 91,11% menjadi 100% pada siklus III dengan selisih sebesar 8,89%. Adapun selisih keseluruhan dari baseline ke siklus III ialah 44,44%. Dengan demikian kenaikan Motivasi Belajar instrinsik dapat dikatagorikan Cukup Tinggi. Kemudian pada motivasi Ekstrinsik persentase baseline yaitu 68,89% menjadi 82,22% pada siklus I dengan selisih sebesar 13,33% kemudian dari siklus I dengan jumlah persentase 82,22% menjadi 97,78% ke siklus II dengan selisih sebesar 15,56%. Selanjutnya dari siklus II dengan jumlah persentase 97,78% menjadi 100% pada siklus III dengan selisih sebesar 2,22%. Adapun selisih keseluruhan dari baseline ke siklus III ialah 31,11%. Dengan demikian kenaikan Motivasi Belajar Ekstrinsik dapat dikatagorikan Rendah. Kata kata kunci: Peningkatan Motivasi Pembelajaran. The researchers motivated by efforts to increase the motivation of learning math by using media count and pipette. Class II Elementary School District: 17 Transmigration I Kembayan Sanggau. Based on initial observations that have been made, it can be seen that the motivation of learning mathematics is still low. The use of instructional methods and strategies that lead to low motivation conventional mathematics instruction in grade II Elementary School District : 17 Transmigration I Kembayan Sanggau. The method used in this study is descriptive, it is the nature of researches researches class action (PTK) in the implementation of berkolaburasi with peers. The subjects in this study were grade II, amounting to 9 people. Data collection techniques in this study were direct observation and measurement. while the data collection tool used in this study was the observation sheet and test. The research was conducted for 3 cycles, the calculation results showed that 35.56% at baseline to 68.89% in the first cycle by a margin of 13.33%, then from the first cycle to the total percentage of 68.89% to 91.11% to second cycle with a difference of 22.22%. Furthermore, from the second cycle to the total percentage of 91.11% to 100% in the third cycle by a margin of 8.89%. The overall difference from baseline to the third cycle was 44.44%. Thus the increase in intrinsic learning motivation can be categorized "High Enough". Then the percentage of baseline Extrinsic motivation is 68.89% to 82.22% in the first cycle by a margin of 13.33% and then from the first cycle to the total percentage of 82.22% to 97.78% for the second cycle by a margin of 15, 56%. Furthermore, from the second cycle to the total percentage of 97.78% to 100% in the third cycle by a margin of 2.22%. The overall difference from baseline to the third cycle was 31.11%. Thus increase Extrinsic Motivation can be categorized "Low". Keywords: Increasing Motivation Learning.