PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 21 MELIAU

Main Authors: Ad, Ruswita Elisa, Marli, Suhardi, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4367
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4367/4427
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4367/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Peningkatan Minat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas IV sekolah Dasar Negeri 21 Meliau Kabupaten Sanggau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat pembelajaran matematika dengan menggunakan media kartu bilangan pada siswa kelas IV SDN 21 Meliau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan bentuk penelitiannya yaitu survei kelembagaan. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa minat siswa dalam memperhatikan pelajaran pada siklus 1 mencapai 46% mendapat peningkatan pada siklus 2 menjadi 67%. Minat siswa dalam ketertarikan dalam pembelajaran pada siklus 1 mencapai 51% mendapat peningkatan pada siklus 2 menjadi 67%. Dan minat siswa dalam kemauan untuk mengikuti pelajaran pada siklus 1 mencapai 58% mendapat peningkatan pada siklus 2 menjadi 60%. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan, saran, pertimbangan bagi setiap guru yang akan mengajar Matematika dengan memanfaatkan media kartu bilangan dapat memberikan dampak positif yang meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan juga meningkat. Kata Kunci : Peningkatan, Minat Pembelajaran, Media Kartu Bilangan Abstract : incresed interest in learning mathematics using the media card numbers in grade student IV public elementary schools 21 Meliau Resency Sanggau. This study aims to determine of incresed interest in learning mathematics using the media card numbers in grade student IV public elementary schools 21 Meliau. Methods used in this research is descriptive method. Hte form of instituational research surveys. Of the data obtained it can be concluded that the students interest in playing attention in cycle 1 reaches 46% have an increase in cycle 2 to 67%. Interest in the students interest in learning in cycle 1 at 51% have an increase in cycle 2 to 67%. And students interest in the willingness to follow the lessons in cycle 1 to 58% have an increase in cycle 2 to 60. This research is expected provide input. Suggestions. Consideratioan for each teacher who will teach math by utilizing media card numbers may have an impact positive increase studens interest in learning students ability to understand the material also increases. Keyword : improvement, intersest in learning, media card numbers