PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS III SDN 01 SEMANGET
Main Authors: | Ayun, Paulina, Kresnadi, Hery, Marli, Suhardi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4359 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4359/4411 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4359/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 01 Semanget Kabupaten Sanggau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas III sekolah dasar negeri 01 Semanget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada hasil akhir penelitian diperoleh aktivitas fisik 88%, aktivitas mental 75,2%, aktivitas emosional 81,33%. Sedangkan, peningkatan pada aktivitas fisik 69%, aktivitas mental 67,2% dan aktivitas emosional 57,33%. Dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada setiap aktivitas. Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas Belajar, Inkuiri Abstract: Improved Student Learning Activity Sciences Using Inquiry Methods in Civil Elementary School Third grade in District of Sanggau. The methods used in this reseach is descriptive methods. The study was conducted over 3 cycles. The result obtained by the end of study 88% of physical activity, mental activity 75,2% and emotional activity 81,33%. While the percentage increase of difference from base line to 3 cycle are physic activity 69%, mental activity 67,2% and emotional activity 57,33%. From the data that has been obtained it can be concluded that a significant increase in each cycle. Key word : Improved, Activity learning, Inquiry