PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SDN 02 SANGGAU

Main Authors: F34211224, Yuspida, Priyadi, A Totok, AH, Maridjo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4352
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4352/4400
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4352/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Peningkatan Minat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 02 Sanggau. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang peningkatan perhatian, ketertarikan, kemauan siswa kelas V dengan menggunakan metode eksperimen di SDN 02 Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, sifat penelitian kualitatif, bentuk penelitian survei kelembagaan. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:1. Minat pembelajaran siswa yang meliputi minat perhatian pada pengamatan awal menghasilkan rata-rata 39,65%, ke siklus III dengan rata-rata mencapai 88,80% meningkat 49,15% dan termasuk kategori cukup tinggi. 2. Minat ketertarikan siswa pada pengamatan awal 32,20% ke siklus III dengan rata-rata 94,30%, minat ketertarikan meningkat sebesar 62,10% dan termasuk kategori tinggi. 3. Minat kemauan pada pengamatan awal 27,58% ke siklus III menghasilkan rata-rata 89,68%, minat kemauan siswa mengalami peningkatan sebesar 62,10% dan termasuk kategori tinggi. KataKunci: Peningkatan, Minat Pembelajaran, Metode Eksperimen. The Increased Interest in Natural Science Learning to Student Class by Using Experimental Methods in Elementary School 02 Sanggau. This study aims to obtain accurate information about the increased attention, interest, willingness fifth grade students using the experimental method in SDN 02 Sanggau. The method used is descriptive method, the nature of qualitative research, survey research institutional forms. Based on the analysis of the data obtained the following results: 1. The Interests include student learning interests focus on early observations yield an average of 39.65%, to cycle III with an average of 88.80%, up 49.15% and the category is quite high. 2. The Interest in student interest at the beginning of the observation cycle III to 32.20% with an average of 94.30%, interest interest increased by 62.10% and the high category. 3. The Willingness interest at 27.58% initial observation third cycle to produce an average of 89.68%, interest in the willingness of students has increased by 62.10% and the higher category. Keywords: Improvement, Learning Interests, Experimental Method.