PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS V SDN 05 SANGGAU
Main Authors: | Agian, Sondaria BR, AH, Maridjo, Priyadi, A Totok |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4334 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4334/4379 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4334/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V SDN 05 Sanggau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas fisik, mental dan emosional siswa kelas V SDN 05 Sanggau dalam mengikuti pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas fisik siswa dari baseline sebesar 40,62% (kategori kurang baik) mengalami peningkatan sebesar 48,39% menjadi 89,01% (kategori baik sekali). Aktivitas mental siswa dari baseline sebesar 28,12% (kategori kurang baik) mengalami peningkatan sebesar 57,82% menjadi 85,94% (kategori baik sekali). Aktivitas emosional siswa dari baseline sebesar 40,62% mengalami peningkatan sebesar 51,63% menjadi 92,25% (kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Sanggau mengalami peningkatan aktivitas yaitu aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional. Kata kunci : Peningkatan, Aktivitas Pembelajaran, Keterampilan Proses Abstract : Increasing Sains Active Learning Using Processing Ability Aprroach to 5th Grade Student of SDN 05 Sanggau. The purpose of this research is to increasing visual activities, mental activities and emotional activities to learn Sains for 5th Grade Student SDN 05 Sanggau. The research method used descriptif method. Based on the research out put, the 5th grade student visual activities from baseline research as count 40,62% (not good category) increase as much as 48,39% to 89,01% (very good category). Mental activities as count 28,12% (not good category) increase as much as 57,82% to 85,94% (very good category). Emotional activities as count 40,62% (not good category) increase as much as 51,63% to 92,25% (very good category). Based on the output, sains active learning used processing ability approach to 5th grade student of SDN 05 Sanggau increase all learning activities including visual activities, mental activites and emotional activities.