PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD KELAS 1 SDN 19 KEMBAYAN

Main Authors: F.34211193, Nurjannah, Kresnadi, Hery, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4330
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4330/4371
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4330/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Peningkatan aktivitas pembelajaran IPA menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD siswa kelas I SDN 19 Kembayan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif kualitatif dengan bentuk penelitian survey kelembagaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah 29 orang siswa. Data penelitian yang diperoleh adalah aktivitas fisik, mental dan emosional. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Pengamatan awal (baseline) jumlah rata-rata 38.30% dengan kategori rendah. pada siklus I jumlah rata-rata 62.44 dengan kategori tinggi. Pada siklus II jumlah rata-rata 83.03 dengan kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajran IPA Kelas I SDN 19 Kembayan. Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas Siswa, Cooperative Learning tipe STAD. Abstract: Increased activity of learning science using STAD Cooperative Learning Model class I student of SDN 19 Tanjung Periuk. This study aimed to describe the increase in activity of students in learning science. The method used is descriptive qualitative method to shape institutional survey study. The subjects were students of class I to the number of 29 students. The data obtained are physical activity, mental and emotional. This research was carried out 2 cycles. Observations initial (baseline) average number of 38.30% with a lower category. in the first cycle the average amount of 62.44 to a high category. In the second cycle the average amount of 83.03 with the very high category. These results indicate that by using a model of type STAD cooperative learning can improve student activity in science class I SDN 19 Kembayan. Keywords: Improving Student Activities, STAD Cooperative Learning.