PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN IPS DI SMK
Main Authors: | Marwan, Didi, ., Parijo, ., Aminuyati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4314 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4314/4350 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4314/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini berjudul Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata Pelajaran IPS di SMK. Peneliti ini di maksudkan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata Pelajaran IPS di SMK Panca Bhakti Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian ini adalah deskriptif, bentuk penelitian ialah studi hubungan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 38 siswa. Dalam pengolahan data, rumus yang digunakan adalah rumus Regresi linier sederhana dengan bantuan komputerisasi program SPSS versi 18. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) yang ditunjukkan dengan persamaan Y = - 44,882 + 0,355X dan uji hipotesis yaitu t hitung > t tabel atau 6,492 > 1,690. Adapun besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) adalah sebesar 53,9%, sedangkan selebihnya 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan pada penelitian ini Kata kunci : Pengaruh, Lingkungan belajar, Hasil belajar Abstract : This study , entitled " Effect of learning environments on learning outcomes of students of class X social studies at SMK ". The researchers intended to determine the effect on the learning environment of the class X student learning outcomes in social studies at SMK Panca Bhakti Kubu Raya District ". This research method is descriptive form of research is the study of relationships . The population in this study were 38 students . In data processing , the formula used is the formula " simple linear regression " with the help of computerized SPSS version 18 . From the results of this study indicate that there are significant between the independent variable ( X ) on the dependent variable ( Y ) as indicated by the equation Y = - 44.882 + 0.355 X and test the hypothesis that t count > t table or 6.492 > 1.690 . As for the influence of the independent variable ( X ) on the dependent variable ( Y ) is equal to 53.9 % , while the remaining 46.1 % is influenced by other variables not included in this study. Keywords: Effects, Environmental learning, learning outcomes