IMPROVING STUDENTS SPEAKING SKILL THROUGH ORAL DESCRIPTION PRACTICE

Main Authors: (F12107066), Maulida, Susilawati, Endang, Rosnija, Eni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4305
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4305/4343
Daftar Isi:
  • This research was intended to improve the students speaking skill through oral description practice technique. The aspects of speaking skill focused in this research were accuracy, fluency, and confidence. The research method that used was a classroom action research. The subject of this research was Grade VIII D at junior high school SMP Negeri 2 Tebas which consist of 28 students. The data was collected by using oral test, observation checklist, fieldnotes, and tape recorder. It was analyzed by describing oral test, tape recorder, observation checklist and fieldnote, and by using formula of mean score. The findings indicated the students speaking skill improved through oral description technique in three cycles. The students mean score in the first cycle was 63.35, the second cycle 72.15 and the last cycle was 75,37. Oral Description Technique was an interesting technique that can be applied in the classroom. It helps student to remind the student about the topic to be described. So, it is hoped that they can speak more fluently. Moreover, by holding something on their hand, they feel confident on their speaking. In addition, the students could learn many vocabularies through describing thing. Keywords: Speaking Skill, Oral Description, Visual aid Abstrak: Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan skil berbicara siswa melalui teknik latihan oral deskripsi. Aspek dari skil berbicara yang difokuskan dalam penelitian ini adalah akurat, lancar dan percaya diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah Kelas VIII D SMP Negeri 2 Tebas yang terdiri dari 32 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan oral tes, ceklis observasi, catatan lapangan, dan perekam suara. Data tersebut dianalisa dengan mendeskripsikan oral tes, perekam suara, ceklis observasi dan catatan lapangan, dan menggunakan rumus mencari nilai rata-rata. Hasil temuan penelitian menunjukkan skil berbicara siswa meningkat dalam tiga siklus melalui teknik oral deskripsi. Nilai rata-rata siswa pada siklus pertama adalah 63.35, pada siklus kedua 72.15 dan siklus ketiga 75.37. Oral deskripsi adalah teknik yang menarik yang dapat diterapkan di ruang kelas. Oral deskripsi dapat membantu siswa untuk mengingat topic yang akan dideskripsikan. Jadi, mereka dapat berbicara dengan lancar. Disamping itu, dengan memegang sesuatu di tangan, mereka akan lebih percaya diri dalam berbicara dan dapat belajar lebih banyak kosa kata dengan mendeskripsikan benda. Kata Kunci : Skil Berbicara, Oral Deskripsi, Benda Visual