PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II MIS AL-HIDAYAH SOSOK

Main Authors: Sunarti, Elva, ., Rosnita, ., Kartono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4280
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4280/4318
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4280/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini berjudul Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pembelajaran Matematika kelas 2 MIS Al-Hidayah Sosok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa pembelajaran Matematika kelas 2 MIS Al-Hidayah Sosok Tayan Hulu Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 52.66 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 84.66. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 54.35 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 80. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 3.10 dan siklus II dengan rata-rata 3.48. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 3.10 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3.48. Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II Mis Al-Hidayah Sosok Kecamatan Tayan Hulu. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Metode Jarimatika. Abstract: The study is titled "Application of Jarimatika method to improve the activity and the learning outcomes of students learning mathematics grade 2 MIS Al-Hidayah figure: This study aims to determine the increase in activity and student learning outcomes using Jarimatika on students learning mathematics grade 2 MIS Al-Hidayah figure Tayan Sanggau Hulu. The method used is descriptive method to form action research study. The results obtained student activity on the activity of the first cycle and second cycle increased to 52.66 increased to 84.66. Student learning outcomes in the first cycle an average of 54.35 and a second cycle increased the average being 80. The observation of the ability of teachers to implement the learning in the first cycle an avarage 3:10 and the second cycle increased an average of 3:48. The observation of the ability of teachers to implement the learning in the first cycle an average 3:10 and the second cycle an average of 3:48 From the analysis of the data obtained, it is shown that the use Jarimatika method can improve the activity and class II student learning outcomes Mis Al-Hidayah figure Tayan Hulu district. Keywords: Activity and Learning Outcomes, Jarimatika method.