PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS IV

Main Authors: Ekasianto, Rico, ., Abdussamad, Ramdani, Deden
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4265
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4265/4305
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV A SD Negeri 2 Siantan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV A SD Negeri 2 Siantan tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi dengan bentuk penelitiannya adalah kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. Pesentase ketuntasan siswa kelas IV A SD Negeri 2 Siantan tahun pelajaran 2012/2013 dalam menulis karangan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari ketuntasan siswa menulis karangan pada siklus I berjumlah 14 siswa atau 45,16% dari 31 siswa. Pada Siklus II sebanyak 26 siswa atau 83,87%. Antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 85,71%. Hal ini berarti pembelajaran menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas IV A SD Negeri 2 Siantan tahun pelajaran 2012/2013. Kata Kunci : Menulis, Karangan, Model pembelajaran Picture and Picture Abstract : The application of Picture and Picture Learning Model to Increase Students Ability Skill on Students of Class IV A SD Negeri 2 Siantan in Academic Year 2012/2013. This istudy aimed to describe the application of Picture and Picture learning model to increase students ability skill on students of class IV A SD Negeri 2 Siantan in Academic Year 2012/2013. The model used is descriptive method of research is a from of qualitative research. Based on the analysis of data, can be summarized as follows. The percentage of grade students of class IV A SD Negeri 2 Siantan school year 2012/2013 in writing essays using Picute and Picture learning model has increased. It can be concluded from the ability of students in writing essay on cycle I of is 14 students or 45,16% of 31 students. 26 students on cycle II or 83,87%. Increasing of 85,71% between cycle I and II. This means learning to use Picture and Picture model can improve learning outcomes writing essays in grade IV A SD Negeri 2 Siantan learning year 2012/2013. Keywords: Writing, Essay, Picture and picture model