REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN JIGSAW BERBANTUAN BOOKLET KELAS VIII SMP

Main Authors: F03109004, Sinthya Astrina, Sahala, Stepanus, Oktavianty, Erwina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4238
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4238/4273
Daftar Isi:
  • Abstract: The aim of this research is to know the effectiveness of remediation using cooperative learning model type Jigsaw assisted by booklet to decrease students misconception and increasing solve problems skill in Newtons Law class VIII SMPN 3 Segedong. The research method used Pre-Eksperimental Design with One Group Pre-test Post-test Design. The number of research sample is 20 students. Mc Nemar test shows that students misconception has changed significantly after remediation. Positive change on students in increasing solve problems showed by different score on pretest and posttest. The level of effectiveness cooperative learning model type Jigsaw assisted by booklet to decrease students misconception is high and for increasing solve problems skill is medium. This research is expected to be used as an alternative remediation activities to decrease students misconception in understanding Newtons Law. Keywords: Remediation, Misconception, Jigsaw, Booklet Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas remediasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan booklet untuk menurunkan miskonsepsi dan meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal pada materi Hukum Newton di kelas VIII SMP Negeri 3 Segedong. Metode penelitian yang digunakan adalah bentuk Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa. Uji McNemar menunjukkan bahwa terjadi perubahan miskonsepsi siswa yang signifikan setelah dilakukan remediasi. Perubahan positif pada siswa dalam menyelesaikan soal ditunjukkan oleh perbedaan skor pre-test dan post-test. Tingkat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan booklet untuk meremediasi miskonsepsi siswa tergolong tinggi dan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal tergolong sedang. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan remediasi untuk menurunkan miskonsepsi siswa dalam memahami materi hukum Newton. Kata Kunci: Remediasi, Miskonsepsi, Jigsaw, Booklet