PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: F01211018, Syamsuddin, Sastrawan, Agus, Sowinangun, Suryadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4115
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4115/4142
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4115/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS Ekonomi pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014, nilai yang diperoleh siswa dari ulangan tidak mencapai nilai criteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 yang ditetapkan kepala sekolah dan dewan guru. Rendahnya persentase siswa yang mencapai KKM 70 disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan guru belum efektif. Penerapan model pembelajaran talking stick. Pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. diantara model pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa adalah pembelajaran kooperatif model talking stick dimana siswa saling bekerja sama dalam kelompok utnuk mencapai ketuntasan bersama. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran. Talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Sukadana. Terbukti dari hasil siklus yaitu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar encapai ketuntasan 71,34 dari jumlah siswa yang mengikuti tes, dan pada siklus kedua siswa mengalami peningkatan sebesar 23,81% menjadi 95,24% atau sebanyak 21 siswa yang mencapai ketuntasan. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, hasil belajar. Abstract: This research is motivated by learning social studies in Economics semester of academic year 2013/2014 , the value obtained by the students of replay value does not reach the minimum completeness criteria ( KKM ) is set 70 school principals and teachers council . The low percentage of students who achieve a KKM 70 due to teacher learning model that has not been effectively implemented . The application of learning models talking stick . In social studies to improve student learning outcomes . between the model of learning which is seen can improve student learning outcomes is talking stick model of cooperative learning in which students work together in groups separately achieve mastery together . The results of the research and discussion it can be concluded that the application of the learning model . Talking Stick can improve learning outcomes IPS Economy class VIII - B SMP Negeri 3 Sukadana . Cycle is evident from the results showed an increase in learning outcomes encapai 71.34 completeness of the number of students who take the test , and in the second cycle students has increased by 23.81 % to 95.24 % or as many as 21 students who achieve mastery . Keywords: Talking Stick Learning Model , learning outcomes.