KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA AKTIF-PRODUKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS

Main Authors: ., Asnawati, Salimi, Asmayani, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4113
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4113/4139
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4113/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi antara penguasaan kosakata aktif-produktif dengan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri 66 Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah studi hubungan. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi berjumlah 34 siswa. Berdasarkan perhitungan statistik Penguasaan kosakata aktif-produktif siswa termasuk kategori kurang, sebesar 7656,51 dengan rata-rata 225,19 atau 56,3. Kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa termasuk kategori cukup, sebesar 8799,88 dengan rata-rata 258.82 atau 64,71. Korelasi antara penguasaan kosakata aktif-produktif dengan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri 66 Pontianak Kota sebesar 0,76 berarti rxy > rtabel (0,76>0,349) termasuk kategori kuat. Hal itu berarti terdapat korelasi antara penguasaan kosakata aktif-produktif dengan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri 66 Pontianak Kota. Kata kunci: Korelasi, Kosakata Aktif-produktif, Karangan Narasi Ekspositoris. Abstract: This research aimed to describe a correlation between mastery of active productive-vocabulary with the ability to write narrative expository essay of students in class VB Public Elementary School 66 Pontianak City. This research used descriptive method and form of research was the study of relationships. The sample in this research is all population consist of around 34 students. Based on statistical calculations mastery of active productive-vocabulary of students was minus category, in the amount of 7656,51 with average of 225,19 or 56,3. The ability to write narrative expository essay of students was enough category, in the amount of 8799,88 with average of 258,82 or 64,71. The correlation between mastery of active productive-vocabulary with the ability to write narrative expository essay of students in class VB Public Elementary School 66 Pontianak City was 0,76, it means rxy > rtabel (0,76>0,349), include solid category. it means that there is a correlation between mastery of active productive-vocabulary with the ability to write narrative expository essay of students in class VB Public Elementary School 66 Pontianak City. Keywords: Correlation, Active Productive-vocabulary, Narrative Expository Essay.