PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI SMP
Main Authors: | F04108011, siti muyassarah, hudiono, bambang, astuti, dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4037 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4037/4073 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk kelengkapan pembelajaran matematika materi kesebangunan dan kekongruenan di SMP, berupa CD disertai baground dan audio guru. Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan model Luther, meliputi enam tahapan, yaitu analisis kebutuhan, desain, produksi media, validasi ahli, revisi dan uji coba produk. Subyek ujicoba terdiri dari satu ahli media, satu ahli materi dan 12 orang siswa SMP. Data dikumpulkan menggunakan daftar ceklist dan angket. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis TIK adalah melakukan penelitian pendahuluan,membuat desain media, pembuatan media, validasi oleh ahli materi dan ahli media, revisi produk, dan uji coba kelompok kecil. Sedangkan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangakan sangat baik. Dengan rincian (1) aspek isi/materi dengan persentase 100% (2) aspek pembelajaran dengan persentase mencapai 90,6% (3) aspek tampilan dan pemrograman dengan persentase masing-masing 77,5 % dan 75 % , dan (4) berdasarkan tanggapan siswa ditinjau dari aspek isi/materi dengan persentase 100%. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, macromedia flash Abstact : This research aims to develop interactive media learning in facilitating learning mathematic about similarity and congruence for Junior High School, that is, Compact Disc with background and teacher audio. Method of this research is development with Luther model, that has six steps, such as, need analysis , media design, media production, expert validation, revision, and product experiment. Subjects of this research are one media expert, one content expert, and twelve students of Junior High School. Tools of data collection are checklists and questionnaires. The procedures for developing media based on technology information and communication is by doing pre research, designing the media, producing the media , validating the media by the content and media expert, revising product, and doing experiment on small group. Students response on this media is classified very good. The percentage response of students on this media can be seen from (1) 100% for the content aspect (2) 90.6% for the learning aspect (3) 77.5% for the performance aspect and (4) 75% for the programming aspect. Keyword: developing, learning media, macromedia flash