PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Yatini, Trifena, Ali, Muhamad, Yuniarni, Desni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3994 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3994/4011 |
Daftar Isi:
- This research is a form of action research with descriptive methods . Subjects were teachers and 1 child of 20 children . Based on the research that has been done and through the results obtained after an analysis of data that : 1 ) Planning learning to improve numeracy skills at the beginning of the child can be categorized as " excellent " , while the teachers' planning has been done include: Formulating learning objectives , choose theme , choose the main ingredient , determine the method of learning , making learning outcomes assessment 2 ) implementation of learning to improve the numeracy skills of beginning to use media images on children aged 5-6 years can be categorized as " excellent " , while the implementation of the teacher who has performed include: teacher learning activities , the teacher opened the lesson , the teacher core activities of learning , teacher learning close . 3 ) The response of children in learning to count beginning with the use of media images on children aged 5-6 years can be categorized as " developing as expected " with activities including: child boldface numbers 1-10 , children sort the numbers 1-10 , children bold numbers with the symbol numbers 1-10 using media images . Abstrak: Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru 1 orang dan anak yang berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak dapat dikategorikan baik sekali, adapun perencanaan yang telah dilakukan guru antara lain: Merumuskan tujuan pembelajaran, memilih tema, memilih bahan main, menentukan metode pembelajaran, membuat penilaian hasil belajar 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan media gambar pada anak usia 5-6 tahun dapat dikategorikan baik sekali, adapun pelaksanaan yang telah dilakukan guru antara lain: guru melakukan kegiatan pembelajaran, guru membuka pembelajaran, guru melakukan kegiatan inti pembelajaran, guru menutup pembelajaran. 3) Respon anak dalam pembelajaran berhitung permulaan dengan menggunakan media gambar pada anak usia 5-6 tahun dapat dikategorikan berkembang sesuai harapan dengan kegiatan antara lain: anak menebalkan angka 1-10, anak mengurutkan angka 1-10, anak menebalkan bilangan dengan lambang bilangan 1-10 menggunakan media gambar. Kata Kunci : Berhitung Permulaan, Media Gambar