PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PADA BILANGAN PECAHAN DENGAN TEORI BRUNER
Main Authors: | (F04610014), Del?an, Jamiah, Yulis, BSY, Bistari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3983 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3983/3996 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas danketuntasan hasil belajar belajar siswa pada materi bilangan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Sebawi Kab.Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dua siklus yang setiap siklusnya dua pertemuan. Sampel penelitian ini adalah 23 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa hanya mencapai 48,24. Dengan menerapkan teori Bruner dengan bantuan model pecahan padamateri bilangan pecahanpada siklus kedua terjadi peningkatan aktivitas belajar 12 % dan peningkatan ketuntasan 82,61 %. Kata kunci : aktivitas belajar, model pecahan, teori Bruner Abstract: This studyaims to determine thecompleteness ofincreased activityandstudentlearning outcomesin theclassroommaterialfractionsinSMPNegeri 1SebawiKab.SambasWest Kalimantan Province. The research methodused wasaction researchwithtwocycleswhich every cycle hastwomeetings. The sample was23 students. Results of data analysisshowedthat thelearning outcomes of studentsreached only48.24. Byapplyingthe theory ofBrunerwiththe help offractionalmodelsinmaterialfractionsin thesecondcycle oflearningactivityincreased12% and82.61% increase incompleteness. Keywords: learning activities, fractional models, theories Bruner