ANALISIS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR OLEH GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 4 P0NTIANAK

Main Authors: F31106001, Agarna, Asriati, Nuraini, Syahrudin, Husni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3936
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3936/3915
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3936/pdf
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3936/pdf_1
Daftar Isi:
  • Abstract : This thesis titled, "Analysis Method of Teaching By Subject Teacher Integrated Social Science at SMP Negeri 4 Pontianak", the problem "How to Use By Teachers Teaching Methods SMP At Integrated Social Science Subjects in SMP Negeri 4 Pontianak?". Variable is a single variable, namely the use of teaching methods by teachers at the junior high school social studies Terpadu in SMP Negeri 4 Pontianak. The research method was descriptive survey form. Its population is around junior high teacher who teaches social studies at the junior Integrated Negeri 4 Pontianak, amounting to 5 people. Data collection technique is the technique of direct observation, direct communication, indirect communication and documentaries, while the data collection tool was a check list, interview guides, questionnaires and record sheets. Processing the data with the formula percentage (%) and analyzed by descriptive qualitative. Keywords : Teaching methods and IPS Integrated Abstrak :Skripsi ini berjudul, Analisis Penggunaan Metode Mengajar Oleh Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Pontianak , Adapun masalah penelitian Bagaimana Penggunaan Metode Mengajar Oleh Guru SMP Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Pontianak?. Variabelnya adalah variabel tunggal yaitu penggunaan metode mengajar oleh guru SMP pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Pontianak. Metode penelitiannya adalah deskriptif dengan bentuk survey. Populasinya adalah seluruh guru SMP yang mengajar mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Pontianak yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpul datanya adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung dan dokumenter, sedangkan alat pengumpul datanya adalah daftar cek, pedoman wawancara, angket dan lembar catatan. Pengolahan datanya dengan rumus persentase (%) dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kata Kunci : Metode mengajar dan IPS Terpadu