MISKONSEPSI SISWA KELAS RANGKAP SDN 47 SEKADAU PADA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA

Main Authors: Neta, Clara, Sahala, Stepanus, TMS, Haratua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3725
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3725/3731
Daftar Isi:
  • Abstract: This study aims to describe students' misconceptions class III and IV (Multigrade) SD Negeri 47 Sekadau to material changes in the nature and form of objects. The method used descriptive data collection tool using multiple choice tests and interviews to explore the reasons students. The study involved 29 students as the sample consisted of 14 third graders and 15 fourth graders. Techniques used in the sampling technique is saturated samples. Qualitative analysis of the test results showed an average 58.38% of the 14 third-grade students and an average 54.67% of 15 fourth grade students have misconceptions on the nature of the material and changes form objects. The findings are expected to be used as consideration to choose the appropriate treatment to address misconceptions. Keywords: Misconceptions, duplicate classes, object properties Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan miskonsepsi siswa kelas III dan IV (Kelas Rangkap) SD Negeri 47 Sekadau pada materi sifat dan perubahan wujud benda. Metode yang digunakan deskriptif dengan alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan wawancara untuk menggali alasan siswa. Penelitian ini melibatkan 29 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 14 siswa kelas III dan 15 siswa kelas IV. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh. Analisis kualitatif pada hasil tes menunjukkan rata-rata 58,38% dari 14 siswa kelas III dan rata-rata 54,67% dari 15 siswa kelas IV memiliki miskonsepsi pada materi sifat dan perubahan wujud benda. Temuan ini diharapkan akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih perlakuan yang sesuai untuk mengatasi miskonsepsi. Kata kunci : Miskonsepsi, kelas rangkap, sifat-sifat benda