TEACHING STUDENTS VOCABULARY USING SPELLING LOTTO COMMUNICATION GAME
Main Authors: | Triana, Ana, ., Ikhsanudin, Salam, Uray |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3719 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3719/3726 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan penguasaan kosa kata siswa SMP Negeri 3 Ketapang melalui tehnik permainan Spelling Lotto Comunication Game pada tahun ajaran 2012/2013. Karena tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dalam proses belajar, maka metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan pengrefleksian. Setelah data terkumpul, penulis menemukan bahwa Spelling Lotto Communication Game meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tes, penulis menemukan kemajuan siswa yang ditunjukan dengan hasil tes yang meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 71,53 pada siklus pertama menjadi 80 pada siklus kedua dan dari siklus pertama ke siklus kedua yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) meningkat dari 22 siswa menjadi 31 siswa. Proses pembelajaran dan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum meningkat dan proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Kata Kunci: kosa kata, ejaan, lotto, permainan Abstract: The purpose of this study was to investigate how Spelling Lotto Communication Game could improve vocabulary mastery of seventh grade students of SMP Negeri 3 Ketapang in academic year 2012/2013. Since it was to improve vocabulary mastery in learning process, the appropriate technique that was applied in this research was a classroom action research with the cycle of planning, acting, observing, and reflecting. After collecting the data, the writer found out that the Spelling Lotto Communication Game improved the students vocabulary mastery. Based on the achievement tests result, the writer discovered the students progress, which was shown by the scores of the students from cycle to cycle, had increased. The mean score increased from 71.53 in the first cycle to 80 in the second cycle and from first cycle to second cycle, the students who reached the passing grade increased from 22 students to 31 students. The process of teaching and students who reached the passing grade increased and teaching learning process became better. Key words: vocabulary, spelling, lotto, game