PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS IV SDN 12 SUNGAI KUNYIT
Main Authors: | Aisyah, Nurhalena, ., Fauziah, AH, Maridjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3704 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3704/3715 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3704/pdf |
Daftar Isi:
- ABSTRAK : Peningkatan Aktivitas Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Bermain Peran Siswa di kelas IV SDN 12 Sungai Kunyit. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran khususnya dalam hal aktivitas fisik, mental dan emosional dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 12 Sungai Kunyit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Survey Kelembagaan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada indikator (aktivitas fisik, mental dan emosional) dalam pembelajaran IPS. Persentase hasil pengamatan pada indikator aktivitas fisik mencapai 68,33% (siklus I), meningkat menjadi 80% (siklus II). Pada indikator aktivitas mental mencapai 80% (siklus I),meningkat menjadi 90% (siklus II). Pada indikator aktivitas emosional mencapai 53,75% (siklus I), meningkat menjadi 90% (siklus II). Dengan demikian metode bermain peran memberi pengaruh yang tinggi terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 12 Sungai Kunyit . Kata kunci: Aktivitas Pembelajaran,Metode Bermain Peran. ABSTRACT : Improved IPS Learning Activity Using Role Playing Method in the fourth grade students of SDN 12 Sungai Kunyit. Purpose of this research is to increase the activity of students in learning, especially in terms of physical activity, mental, and emotional learning social studies using role-play in class IV SDN 12 Sungai Kunyit. The method used in this research is descriptive method of research is bentukm institutional survey. Based on the findings that an increase in the student activity indicators (physical activity, mental, and emotional) in social studies learning. Percentage of observations in physical activity indicator reaches 68.33% (cycle l), increased to 80% (cycle II). At the mental activity indicator reached 80% (cycle), increased to 90% (cycle II). At an emotional activity indicator reached 53.75% (cycle l), increased to 90% (cycle l). thus play a role method gives a high impact on the activities of students in the fourth grade social studies lesson in SDN 12 Sungai Kunyit. Keywords: Learning Activity, Role Playing Method.