KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN SOSIOLOGI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X A

Main Authors: Kanitus, Klemen, Rivaie, Wanto, Ibrahim, M. Yusuf
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3643
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3643/3652
Daftar Isi:
  • Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui pemahaman kompetensi pedagogik guru sosiologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X A SMA Pak Kasih Sidas Kabupaten Landak 2.Untuk mengetahui penerapan kompetensi pedagogik guru sosiologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X A di SMA Pak Kasih Sidas Kabupaten Landak 3.Untuk mengetahui kendala kendala apa saja yang dihadapi guru sosiologi dalam kompetensi pedagogik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X A SMA Pak Kasih Sidas Kabupaten Landak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru pendidikan sosiologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X A SMA Pak Kasih Sidas Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak belum maksimal hal ini di buktikan dalam perolehan nilai siswa. Dari jumlah siswa sebanyak 54 orang dalam satu kelas , hanya 17 orang siswa yang tuntas dalam belajar sosiologi. Hal ini perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak terutama pihak pemerintah dan pihak sekolah. Selain itu juga, seharusnya pihak sekolah harus betul-betul selektif dalam penerimaan guru terutama dalam latar belakang pendidikan guru yang sesuai sehingga para pendidik harus profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik. Oleh karena itu diharapkan agar kepala sekolah maupun pihak yayasan dapat meanyesuaikan antara latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang akan diajarkan disekolah. Kata kunci : kompetensi pedagogik, hasil belajar Abstract: This research is intended to: 1. Find out the sociology teachers understanding of pedagogical competence in increasing learning outcomes of X A SMA Pak Kasih Sidas in Landak Regency. 2. Find out the application of sociology teachers pedagogical competence in increasing learning outcomes of X A SMA Pak Kasih Sidas in Landak Regency.3. find out the problems faced by sociology teachersinpedagogical competence in increasing learning outcomes of X A Class of SMA Pak Kasih Sidas in Landak Regency. Forms of this research is descriptive qualitative. In this study, the method used is descriptive method. The finding of research showed that pedagogical competence of sociology teachers in improving student learning outcomes in X A class of SMA Pak Kasih Sidas Landak Regency is not maximum in which it is shown by student grades. From 54 students in one class only 17 students who have completed the study of sociology. It needs more attention from many parties, especially the government and the school. Besides, school should be really selective in teachers recruitment, especially in term of background of appropriate teacher so that educators can be professional in carrying out his duties as an educator. Therefore, it is expected that the principal and the foundation can adjust the background of teacher with subjects that will be taught in schools. Keywords : pedagogical, learning outcomes