IMPROVING STUDENTS READING COMPREHENSION ON RECOUNT TEXT THROUGH THINK PAIR SHARE STRATEGY(TPS)
Main Authors: | ., Lusiana, Suhartono, Luwandi, Arifin, Zainal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3632 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3632/3641 |
Daftar Isi:
- Abstrak: penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks recount dengan menggunakan technique Think-Pair-Share pada siswa-siswa kelas delapan SMP Kemala Bhayangkari. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan TPS dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan teks recount. Penelitian ini diharapkan bisa membantu guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi dimana penelitit menjelaskan hasil penelitian dengan meningkatkan kualitas data yang diperoleh. Untuk memaksimalkan hasil penelitian, Peneliti melaksanakan dua siklus dalam penelitian ini. Jumlah partisipan adalah 25 siswa. Alat pengumpulan data adalah tes memahami bacaan, observasi dan catatan. Hasil rata-rata pada siklus 1 adalah 62,6 dan siklus ke-2 77.4 Berdasarkan pada KKM, 65, maka penelitian ini berhasil karena siklus ke-2 sudah melebihi standar. Kata Kunci: teks recount, meningkatkan, membaca. Abstract: The research is about improving ability on recount text through Think-Pair-Share to the Students of SMP Kemala Bhayangkari. The purpose of the study is to know how the TPS improves the Students ability in comprehending recount text. It is expected that the research would be useful for the teachers and students in language teaching and learning process. The method used in this research is a Classroom Action Research which consists of Planning, Acting Observing and Reflecting. This method is done in two cycles in order to get the maximum result of the research. The number of research participant is 25 students. The tools of collecting data are reading test, observation checklist and field notes. In Cycle 1, the students mean score was 62.6. and cycle 2, the mean score was 77.4. Based on the minimum standard of pass (KKM), 65, the second cycle has been successful. Keywords: recount text, improving, reading.