PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING DI KELAS IV SD

Main Authors: F33209015, Yulia, ., Nursyamsiar, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3492
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3492/3529
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan strategi menulis terbimbing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 40 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Utara. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Utara. Hasil menulis karangan narasi pada siklus I meningkat dengan rata- rata 73,93% siswa telah mencapai ketuntasan. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata- rata nilai 10,56 atau sekitar 84,49% siswa mencapai ketuntasan. Kata kunci : Peningkatan, Karangan Narasi, Menulis Terbimbing Abstract: Research purposes to improve the ability to write a narrative essay with guided writing strategy in learning Indonesian in grade IV Elementary School District 09 North Pontianak. The method used in this research is descriptive, this kind of research is Classroom Action Research. Subjects were teachers and 40 fourth grade students of State Elementary School 09 North Pontianak. The research was conducted by 2 cycles. The results showed that the use of guided writing strategy can improve the ability to write a narrative essay in learning Indonesian in grade IV Elementary School District 09 North Pontianak. Results narrative essay writing in the first cycle increased by an average of 73.93% of students have achieved mastery. Then on the second cycle increased with an average value of 10.56 or approximately 84.49% of students achieve mastery. Keywords: Improvement, Narrative Essay, Guided Writing